Ayee Yennie

Setiap orang mempunyai 'kegilaan' terhadap sesuatu, dan itu Normal...

LAPORAN PRAKTIK INDUSTRI II
PEMBUATAN KALENDER KEGIATAN WALIKOTA SEBAGAI MEDIA INFORMASI di HUMAS PROTOKOL
PEMERINTAH KOTA SURAKARTA







Laporan ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas dan Melengkapi syarat Untuk Mengajukan Tugas Akhir

                                                      Disusun Oleh :

Nama                          :  Yeni Suryani
NIM                            :  C12001
Jurusan                      :  Komunikasi Massa

POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA
2015
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTIK INDUSTRI II
Nama                           : Yeni Suryani
NIM                            : C12001
Program Studi             : Komunikasi Massa
Judul Laporan             : Pembuatan Kalender Kegiatan Walikota Sebagai Media Informasi Di Humas Protokol Pemerintah Kota Surakarta

Telah disetujui dan disahkan oleh dosen pembimbing pada:
Hari/ Tanggal  :
Tempat            : Politeknik Indonusa Surakarta
Surakarta,
Mengesahkan :
Dosen Pembimbng
POLITEKNIK INDONUSA


Jahid Syaifullah, S.I.Kom

Pembimbing Lapangan



Dra. Endah WP, M.Si
NIP. 19660414 199302 2 xxx

Mengetahui:
Direktur POLITEKNIK INDONUSA



Ir. Suci Purwandari, MM
NIDN 0630076xxx
HALAMAN PERSEMBAHAN





Karya ini penulis persembahkan teruntuk :
Ø  Ayahanda (Nurdin Harjo) dan Ibunda (Suparni) karya ini terangkai dari keringat, air mata dan doa mu berdua. Setiap keringat dan air mata yang keluar karenaku menjelma dalam setiap huruf, setiap doa yang terpanjat menyatu menyampuli karya hidupku.
Ø  Kakakku (Nita Nuryani) Semoga Karya Ini mampu menjadi pengganti baktiku yang selama ini terabai oleh ego dan inginku.
Ø  My Special Friends semangat kalian telah menjadi cemeti indah yang senantiasa melecut setiap malasku.
Ø  Dan teman-teman baikku 3C atas segala semangat dan hiburanya di saat aku lemah tak berdaya.



MOTTO
1.      Orang yang tak pernah melakukan kesalahan adalah orang yang tak pernah mencoba sesuatu yang baru.  (Albert Einstein)
2.      Saya hanya bekerja dan bekerja. Tak peduli penilaian orang. Mau jelek, mau gagal, mau berhasil, yang penting saya bekerja. (Jokowi)
3.      Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam. (Ir. Soekarno)
4.      Semakin sulit perjuangannya, semakin besar kemenangannya. ( Thomas Paine)
5.      Terkadang hati melihat apa yang tidak terlihat oleh mata. (Jackson Brown)
6.      Seiring dengan kekuatan yang besar, datang juga tanggung jawab yang besar. (Stan Lee)
7.      Lebih baik menyesali hal-hal yg telah kita lakukan, daripada menyesali hal-hal yg tidak kita coba lakukan. (Lucile Ball)
8.       Bersabarlah, segala sesuatu itu awalnya sulit sebelum menjadi mudah. (Saadi, Penyair Iran)







KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan nikmat-Nya, sehingga tersusunlah laporan praktek industri ini dengan judul PEMBUATAN KALENDER KEGIATAN WALIKOTA SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI HUMAS PROTOKOL PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
Tersusunnya laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada :
1.      FX. Hadi Rudyatmo, selaku Walikota Surakarta yang telah membantu dan memotivasi penulis dalam meyelesaikan Laporan.
2.      Ir. Suci Wulandari, MM selaku Direktur Politeknik Indonusa Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan Praktek Industri.
3.      Markus Utomo Sukendar, S.Sos, M.I.Kom selaku Kaprodi Komunikasi Massa yang telah membantu dan membimbing penulis selama menjadi mahasiswi.
4.      Heri Purwoko J.S, SH, MM selaku Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta yang telah mengijinkan penulis untuk melaksanakan praktek industri di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta.
5.      Dra. Endah WP, M.Si  selaku Pembimbing Lapangan Praktek Industri dan Kassubag Analisis dan Kemitraan Media Humas Protokol Setda Surakarta yang dengan senang hati membimbing penulis.
6.      Jahid Syaifullah, S.I.Kom selaku Dosen Pembimbing yang telah membantu penulis dalam membuat laporan praktek industry  ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
7.      Kedua Orangtua tercinta yang telah memberikan doa dan kasih sayang yang tak pernah henti.
8.      Pak Supadi, Pak Moko, Pak Budiman, Pak Arie, Pak Sarwono, Pak Suryo, Pak Warsidi, Pak Bambang, Pak Suroso, Bu Rini, Bu Anies, Bu Amel, Bu Yuli, Bu Mima yang telah banyak membantu selama praktek industri di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta.
9.      Teman-teman 3C yang telah memberikan banyak dukungan dan bantuan kepada penulis .
10.  Semua pihak yang telah membantu penyelesaian laporan ini.
Penulis menyadari penulisan laporan praktek industri ini masih belum sempurna.Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat saya harapkan untuk menyempurnakan laporan ini.

Surakarta,


Penulis




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................ ii
HALAMAN PERSEMBAHAN..................................................................... iii
MOTTO............................................................................................................ iv
KATA PENGANTAR..................................................................................... v
DAFTAR ISI .................................................................................................. vii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... x
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. xii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
1.1. Latar Belakang  ............................................................................. 1
1.2. Perumusan Masalah  ..................................................................... 3
1.3. Pembatasan Masalah  .................................................................... 3
1.4. Tujuan Praktek Industri II  ........................................................... 3
1.5. Manfaat Praktek Industri II  ......................................................... 5
1.6. Pengumpulan Data  ....................................................................... 5
1.7.Sistematika Penulisan  ................................................................... 8
BAB II LANDASAN TEORI......................................................................... 10
 2.1. Komunikasi................................................................................... 10
2.2. Komunikasi Organisasi.................................................................. 12
2.3. Humas............................................................................................ 17
2.4. Dokumentasi  ................................................................................ 22
2.5. Desain Grafis ................................................................................ 24
BAB III TINJAUAN UMUM......................................................................... 27
3.1. Pemerintah KotSurakarta  .......................................................... 27
3.2. Bagian Humas Protokol................................................................. 35
3.3. Struktur Organisasi  ...................................................................... 38
3.4. Tupoksi  ........................................................................................ 39
3.4. Denah Lokasi  ............................................................................... 46
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN....................................................... 47
4.1. Kalender. ..................................................................................... 47
4.2. Elemen Desain............................................................................... 47
4.3. Pembuaatan Kalender  .................................................................. 48
BAB V PENUTUP.......................................................................................... 68
5.1. Kesimpulan.................................................................................... 68
5.2. Saran.............................................................................................. 68
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Tabel Penjabaran Tupoksi................................................................ 39


















DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1. Proses Komunikasi ...................................................................... 11
Gambar 3.1. Lambang Pemerintah Kota Surakarta........................................... 32
Gambar 3.2. Struktur Organisasi Humas Protokol............................................. 38
Gambar 3.3. Denah Lokasi Humas Protokol Setda Surakarta......................... 38
Gambar 4.1. Buka Software Corel Draw X5................................................... 51
Gambar 4.2. Membuat lembar kerja baru                                                          51    
Gambar 4.3. Membuat kalender macros........................................................... 52
Gambar 4.4. Memilih aplikasi macros............................................................... 52
Gambar 4.5. Me-run macros............................................................................. 53
Gambar 4.6. Menentukan tahun kalender........................................................ 53
Gambar 4.7. Memilih layout kalender.............................................................. 54
Gambar 4.8. Menambahkan hari libur.............................................................. 54
            Gambar 4. 9. Mendesain kalender.................................................................... 55
Gambar 4.10. Membuat background kalender................................................. 55
Gambar 4.11. Membuat background kalender................................................. 56
Gambar 4.12. Meng-import gambar................................................................. 56
Gambar 4.13. Memilih gambar......................................................................... 57
Gambar 4.14. Memasukan gambar................................................................... 57
Gambar 4.15. Mendesain background.............................................................. 58
Gambar 4.16. Mentransparansi gambar............................................................ 58
Gambar 4.17. Memberi effect transparansi........................................................ 59
Gambar 4.18. Selesai memberi effect................................................................ 59
Gambar 4.19. Menata Layout........................................................................... 60
Gambar 4.20. Meng-import gambar................................................................. 60
Gambar 4.21. Memilih gambar......................................................................... 61
Gambar 4.22. Mendesain layout....................................................................... 61
Gambar 4.23. Menambahkan logo.................................................................... 62
Gambar 4.24. Meng-export gambar.................................................................. 62
Gambar 4.25. Menentukan tempat penyimpanan............................................. 63
Gambar 4.26. Memilih format gambar............................................................. 63    
Gambar 4. 27. Convert to Bitmap..................................................................... 64
Gambar 4.28. Selesai menyimpan..................................................................... 64
Gambar 4.29. Hasil kelender............................................................................ 65
Gambar 4.30. Desain Kalender Halaman pertama........................................... 65
Gambar 4.31. Desain Kalender Halaman kedua.............................................. 66
Gambar 4.32. Desain Kalender Halaman ketiga.............................................. 66
Gambar 4.33. Desain Kalender Halaman keempat........................................... 67
Gambar 4.34. Desain Kalender Halaman  kelima............................................. 67
Gambar 4. 35. Desain Kalender Halaman keenam........................................... 68
Gambar 4.36. Desain Kalender Halaman ketujuh............................................ 68





DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1. Surat Izin Praktek Industri II
Lampiran 2. Agenda Praktek Industri II
Lampiran 3. Surat Keterangan Praktek Industri II
Lampiran 4. Daftar Nilai Praktek Industri
Lampiran 5. Lampiran Foto Dokumentasi Kegiatan
Lampiran 6. Biodata Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            Latar Belakang
Dampak dari era globalisasi yaitu ditandai makin majunya teknologi serta persaingan yang pesat di segala bidang kegiatan. Dengan situasi seperti ini, malah memberikan kesempatan bagi orang-orang yang mempunnyai daya saing tinggi dan SDM yang berkualitas serta diwujudkan dalam  bentuk pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan yang memadai untuk meraih segala peluang yang ada agar dapat bertahan di dalam dunia yang penuh dengan tantangan dan persaingan ini.
Untuk menyikapi tantangan tersebut Mahasiswa Komunikasi diberikan sistem pelatihan atau magang sebagai mata kuliah yang bertujuan untuk mempersiapakan mahasiswa dalam menghadapi tantangan untuk memasuki dunia kerja. Dalam pelaksanaan magang akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah diberikan selama kuliah, serta dapat membandingkan antara ilmu yang telah diperoleh pada saat kuliah dengan praktek di dunia kerja. Sehingga, dari perbandingan tersebut diharapkan mahasiswa mampu beradaptasi dan bersikap professional dengan lingkungan tempat bekerja, serta dapat mengantisipasi masalah-masalah di dalam maupun di luar lingkungan kerja.
Humas di lembaga atau instansi Pemerintah merupakan suatu kegiatan dimana untuk memperoleh kepercayaan, niat baik, pengertian serta pernghargaan dari masyarakat luas dengan jalan komunikasi.Komunikasi diperlukan dalam kegiatan kehumasan dalam Pemerintah dalam melakukan tugasnya.
Pemerintah Kota Surakarta dalam memenuhi hal tersebut, membentuk suatu bagian yang berfungsi sebagai lembaga komunikasi yang dikelola oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta, yang merupakan suatu perangkat daerah untuk menjembatani suatu informasi melalui pihak ketiga, dimana pihak ketiga tersebut adalah media. Pemerintah Kota Surakarta memanfaatkan Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta sebagai lembaga komunikasi untuk menginformasikan suatu berita kepada media yang nantinya akan sampai kepada publik. Selain itu tugas penting lainnya adalah mengkliping semua berita yang isinya memuat tentang Kota Solo. Berita-berita yang telah di kliping kemudian dianlisis untuk mengetahui permasalahan yang berkembang di masyarakat berdampak positif bagi Dinas terkait atau bagi Pemerintah Kota, maka disinilah peran Humas sangat diperlukan.
Mengingat tugas Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta sangat kompleks, maka dalam tugasnya tidak lepas dari kalangan pers atau media.Media merupakan rekan humas sebagai pelayan informasi bagi masyarakat. Salah satu tugas humas adalah mendokumentasikan berbagai kegiatan. Fungsi dari dokumentasi sendiri adalah sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan, serta dapat memberikan kemudahan dalam hal kearsipan bagi Pemerintah Kota Surakarta. Tugas dari dokumentasi acara tidak hanya memotret kegiatan, tetapi juga meliput acara yang kemudian dibuat press release sehingga dibutuhkan kerjasama dengan media massa yang ada, agar dalam hal ini dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Serta diharapkan timbulnya umpan balik (feedback) atas terlaksananya kegiatan tersebut dari masyarkat.
Pemerintah Kota Surakarta menarik untuk dijadikan tempat melakukan magang karena penulis mendapatkan banyak sekali pengalaman baru yang tidak ditemukan di dalam perkuliahan.

1.2.            Perumasan Masalah
Berdasarkan  latar belakang  yang telah diuraikan penulis di atas, maka perumusan masalahnya adalah  Bagaimana Humas Protokol mengenalkan kegiatan yang dilakukan Walikota kepada masyarakat ?

1.3.            Pembatasan Masalah
Agar pembuatan laporan ini tidak melenceng dari pokok pembahasan Dokumentasi Kegiatan Walikota ini, maka penulis membuat pembatasan masalah bahwa Dokumentasi ini di lakukan Di Area Solo Saja dan hanya melakukan dokumentasi berupa Fotografi.

1.4.            Tujuan Praktik Industri
1.4.1        Tujuan Khusus
Tujuan Khusus praktik industri di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta adalah sebagai berikut :
1.4.1.1.  Ingin mengetahui sejauh mana peran Dokumentasi di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta.
1.4.1.2.  Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta.
1.4.2        Tujuan Umum
Tujuan umum yang mendasari penulis melakukan kegiatan praktek industri di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta adalah sebagai berikut :
1.4.2.1.       Untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) program Diploma III Politeknik Indonusa Surakarta, selain itu juga memenuhi kegiatan perkuliahan yang merupakan salah stu syarat kelulusan, sesuai peraturan yang berlaku di Jurusan Komunikasi Massa
1.4.2.2.      Membina hubungan baik dengan Instansi/lembaga dimana penulis melakukan praktik industri.
1.4.2.3.  Menerapkan materi teori perkuliahan terhadap dunia kerja   nyata, dan memperkenalkan dan menerapkan dunia kerja  kepada mahasiswa.
1.4.2.4.      Meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan pengalaman  pada instansi yang terkait khususnya bagian dokumentasi.
1.4.2.5.      Melatih penulis untuk lebih kreatif, komunikatif serta bersifat kooperatif dalam menghadapi dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan di lingkungan kerja. Apalagi dalam meliput acara yang terkadang dilakukan diluar jadwal seperti malah hari atau pada hari libur tetap dilaksanakan.

1.5.            Manfaat Tugas Akhir
Adapun manfaat yang diharapkan adalah sebagai berikut:
1.5.1.      Bagi Penulis
Memperoleh banyak manfaat seperti pengetahuan yang nyata tentang kondisi suatu instansi baik manajemen yang diterapkan, teknologi dan peralatan yang digunkan maupun kondisi lingkungan kerja itu sendiri.
1.5.2.      Bagi Politeknik Indonusa Surakarta
Praktik Industri II bermanfaat menjalankan visi misi sebagai pendidikan vokasi serta mencetak lulusan yang berkompeten di keahlian masing-masing.
1.5.3.      Bagi Instansi Terkait
Manfaat bagi Bagian Humas Protokol Setda Surakarta adalah untuk mencetak kader bagian dokumentasi yang berkompeten untuk keberlanjutan kerja.

1.6.            Pengumpulan Data
Selain observasi, informasi juga di peroleh lewat fakta yang tersimpan dalam bentuk surat dan arsip foto. Data berupa dokumen ini dapat dijadikan untuk bahan dalam pembuatan produk mengenai kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Surakarta.
1.6.1.      Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta yang berlokasi di Kompleks Balaikota Surakarta, Jl. Jendral Sudirman No.02, Surakarta
1.6.2.      Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan mulai tanggal 4 Agustus 2014 sampai dengan 4 Oktober 2014, dengan periode selama 2 bulan. Pelaksanaan magang dimulai setiap hari senin sampai jumat dengan jam kerja mulai 07.00 WIB – 15.30 WIB, selain jam kerja yang telah ditentukan penulis juga mengikuti kegiatan kegiatan di luar jam kerja seperti kegiatan di hari sabtu dan minggu serta kegiatan di malam hari.
1.6.3.      Alasan Pengambilan Lokasi Penelitian
Penulis melaksanakan praktek industri di Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta karena banyak hal yang bisa dilakukan oleh penulis yang menambah pengalaman dan ilmu yang tidak dapat di bangku kuliah.
1.6.4.      Teknik Pengambilan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan Laporan Industri  ini  ada beberapa macam, di antaranya sebagai berikut :
1.6.4.1.     Metode Observasi
Metode Observasi adalah metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung ke tempat penelitian dengan mengamati bagaimana sistem dan cara pembuatan produk. Dalam pengamatan ini penulis melakukan pengamatan aktivitas sehari-hari karyawan (Hikmat, 2011 : 172)
1.6.4.2.     Metode Wawancara
Metode wawancara yaitu mencari informasi secara langsung dari pihak yang bersangkutan dengan cara menampung semua keterangan yang diberikan oleh pihak yang terkait. Sebagai teknik pengumpulan data, jangka waktu penelitian yang relatif lama, berada dalam setting tertentu, wawancara yang mendalam dan tak terstruktur serta mengikutsertakan interpretasi penelitinya.
1.6.4.3.     Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah metode yang dilakukan dengan cara membaca buku, mencatat arsip-arsip yang berhubungan dengan penulisan Tugas Akhir ini. Metode dokumentasi ini dapat digunakan sebagai pelengkap dari metode observasi dan metode wawancara (Hikmat, 2011 : 176).

1.7       Sistematika Penulisan
Pada Laporan Praktik Industri II ini terdapat 5 bab, setiap bab memiliki sub bab yang akan dijabarkan sebagai berikut :
1.7.1.           BAB I PENDAHULUAN
1.7.1.1. Latar Belakang Masalah
1.7.1.2. Perumusan Masalah
1.7.1.3. Pembatasan Masalah
1.7.1.4. Tujuan Penulisan
1.7.1.5. Manfaat Laporan Penulisan
1.7.1.6. Metode Penulisan
1.7.1.7. Sistematika Penulisan

1.7.2.           BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini, penulis menjabarkan teori dasar yang berhubungan dengan kasus atau masalah yang akan dibahas dalam praktek industri II ini. Uraian tersebut mengcu atau bersumber pada sumber yang bertanggung jawab seperti buku teks, jurnal, majalah, dan lain-lain.

1.7.3.           BAB III TINJAUAN UMUM
Dalam bab ini penulis menyajikan gambaran umum perusahaan atau instansi yang menjadi objek dalam mencari data, seperti :
1.7.3.1.      Sejarah berdirinya Instansi Pemerintahan
1.7.3.2.      Visi Misi Instansi Pemerintahan
1.7.3.3.      Struktur Oganisasi Instansi Pemerintahan
1.7.3.4.      Denah Lokasi Instansi Pemerintahan
1.7.3.5.      Produk Instansi Pemerintahan

1.7.4.           BAB IV PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis menguraikan hasil penelitian beserta produk yang dihasilkan dari penelitian.

1.7.5.           BAB V PENUTUP
1.7.5.1.  Kesimpulan
1.7.5.2.  Saran
 BAB II
LANDASAN TEORI
2.1              Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi-informasi, pesan-pesan, gagasan-gagasan atau pengertian, dengan menggunakan lambing-lambang yang mengandung arti atau makna, baik secara verbal maupun non-verbal dari seorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau sekelompok orang lainnya dengan tujuan untuk mencapai saling pengertian dan kesepakatan bersama.
Kegiatan komunikasi ini lazimnya dilakukan dengan tiga tujuan, yaitu untuk mengetahui sesuatu, memberitahu sesuatu dan untuk memengaruhi atau mengarahkan orang lain agar berbuat sesuatu.
2.1.1        Proses komunikasi
Proses komunikasi adalah rangkaian kejadian/peristiwa atau perbuatan melakukan hubungan, kontak, interaksi satu sama lain berupa penyampaian dan penerimaan lambang-lambang yang mengandung arti atau makna.
Proses komunikasi yang baik dalah apabila hubungan/interaksi dalam rangka penyampaian pesan/informasi/berita/pengertian/ yang dilakukan tertuju kepada penerima pesan/informasi itu, dan yang cocok/tepat/sesuai dan isi pesan disusun dengan sebaik-baiknya secara jelas, tegas, pasti serta dapat dipahami oleh pihak-pihak yang terlibat dalam proses hubungan penyampaian dan penerimaan pesan itu.
Bagan/Skema Proses Komunikasi
Message
Saluran/
media
Komunikator
Komunikan
 Gangguan + Hambatan
Feedback
Effect
Decoding
Encoding










Gambar 2.1. (Proses Komunikasi)

2.1.2        Bentuk komunikasi
Bentuk komunikasi ada tiga, yaitu:
2.1.2.1. Komunikasi personal
Komunikasi personal dibagi menjadi dua macam yaitu: komunikasi intrapersonal dan antarpersonal. Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi dengan diri sendiri. Sedangkan antarpersonal komunikasi melibatkan orang lain.
2.1.2.2. Komunikasi Kelomok/Organisasi
Komunikasi yang melibatkan suatu kelompok tertentu baik itu besar aatu kecil yang sifatnya langsung dengan umpan balik langsung.Komunikasi kelompok mempunyai kesamaan, yakni adanya komunikasi tatap muka, peserta komunikasi lebih dari dua orang dan memiliki susunan rencana kerja tertentu untuk mencapai tujuan kelompok.
2.1.2.3.Komunikasi massa
Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada masa atau khalayak yang luar biasa banyaknya, yang dilakukan melalui pers, radio, televisi, film dan lain-lain.
2.2              Komunikasi  Organisasi
Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005). Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi.
Adapun komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.



2.2.1.      Fungsi komunikasi dalam organisasi adalah sebagai berikut:
2.2.1.1.               Fungsi Informatif.
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti. Orang-orang dalam tataran manajemen membutuhkan informasi untuk membuat suatu kebijakan organisasi ataupun guna mengatasi konflik yang terjadi di dalam organisasi. Sedangkan karyawan (bawahan) membutuhkan informasi untuk melaksanakan pekerjaan, di samping itu juga informasi tentang jaminan keamanan, jaminan sosial dan kesehatan, izin cuti, dan sebagainya.
2.2.1.2.  Fungsi Regulatif.
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi. Terdapat dua hal yang berpengaruh terhadap fungsi regulatif, yaitu:
a.   Berkaitan dengan orang-orang yang berada dalam tataran manajemen, yaitu mereka yang memiliki kewenangan untuk mengendalikan semua informasi yang disampaikan. Juga memberi perintah atau intruksi supaya perintah-perintahnya dilaksanakan sebagaimana semestinya. 
b.   Berkaitan dengan pesan. Pesan-pesan regulatif pada dasarnya berorientasi pada kerja. Artinya, bawahan membutuhkan kepastian peraturan tentang pekerjaan yang boleh dan tidak boleh untuk dilaksanakan.

2.2.1.3.  Fungsi Persuasif.
Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah. Sebab pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar dibanding kalau pimpinan sering memperlihatkan kekuasaan dan kewenangannya.
2.2.1.4.  Fungsi Integratif.
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.

Ada dua saluran komunikasi yang dapat mewujudkan hal tersebut, yaitu:
a.       Saluran komunikasi formal seperti penerbitan khusus dalam organisasi tersebut (buletin, newsletter) dan laporan kemajuan organisasi.
b.      Saluran komunikasi informal seperti perbincangan antar pribadi selama masa istirahat kerja, pertandingan olahraga, ataupun kegiatan darmawisata. Pelaksanaan aktivitas ini akan menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yang lebih besar dalam diri karyawan terhadap organisasi.

2.2.2.                  Jenis Komunikasi Organisasi
2.2.2.1.                Komunikasi Internal
Adalah komunikasi yang terjadi dalam organisasi itu sendiri. Misalnya, Pertukaran gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horizontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan berjalan (operasi dan manajemen). Berikut dua dimensi komunikasi internal :
a.       Komunikasi Vertikal
Komunikasi dari pimpinan ke staff, dan dari staf ke pimpinan dengan cara timbal balik (two way traffic communication). “Downward Communication” komunikasi atas ke bawah. Contoh pimpinan memberikan instruksi, petunjuk, informasi, penjelasan, perintah, pengumuman, rapat, majalah  intern. “Upward communication” dari bawah ke atas. Contoh staf memberikan laporan, saran-saran, pengaduan, kritikan, kotak saran, kepada pimpinan.
b.      Komunikasi Horzsontal
Komunikasi mendatar, antara anggota staf dengan anggota staf. Berlangsung tidak formal, lain dengan komunikasi vertikal yang formal. Komunikasi terjadi tidak dalam suasana kerja, employee relation dan sering timbul rumours, grapevine, gosip.
c.       Komunikasi Diagonal (Cross Communication)
Komunikasi antara pimpinan seksi/bagian dengan pegawai seksi/bagian lain.
2.2.2.2.     Komunikasi Eksternal
Komunikasi antara pimpinan organisasi (perusahaan) dengan khalayak audience di luar organisasi.




2.2.3.      Bentuk Komunikasi Organisasi
2.2.3.1.    Komunikasi Langsung
Komunikasi langsung tanpa mengguanakan alat. Komunikasi berbentuk kata-kata, gerakan-gerakan yang berarti khusus dan penggunaan isyarat, misalnya kita berbicara langsung kepada seseorang dihadapan kita.
2.2.3.2.    Komunikasi Tidak Langsung
Biasanya menggunakan alat dan mekanisme untuk melipat gandakan jumlah penerima penerima pesan (sasaran) ataupun untuk menghadapi hambatan geografis, waktu misalnya menggunakan radio, buku, kalender, dll.
2.3.          Humas
Humas adalah bagian dari kegiatan dari manajemen yang dilakukan secara berkesinambungan oleh organisasi/lembaga/perusahaan untuk memelihara citra serta membentuk opini yang positif dari masyarakat serta khalayak (publik), agar organisasi/lembaga/perusahaan itu memperoleh kepercayaan dan sokongan dari masyarakat (publik), baik internal maupun eksternal, tetapi terutama dari publik di luar organisasi/lembaga/perusahaan itu. Hal ini ditempuh melalui kominikasi terbuka kepada publik, upaya menyelaraskan kebijakan serta produknya sesuai dengan harapan publik, dan termasuk upaya koreksi/ perbaikan ke dalam.
Humas sebagai bagian dari kegiatan manajemen maksudnya adalah bahwa humas sama dan setara dengan kegiatan manajemen lainya seperti : produksi, administrasi keuangan, pemasaran, distribusi, pembinaan personalia, dan lain sebagainya.
Humas memang sebaiknya merupakan kegiatan yang berkesinambungan dari waktu ke waktu, dari masa ke masa, bagi setiap organisasi/lembaga /perusahaan. Namun adakalanya kegiatan kehumasan berjalan atau berlangsung secara datar dan rutin saja, adakalanya pula itensitasnya meningkat dalm hal adanya program serta kebutuhan tertentu untuk memelihara dan memperbaiki citra atau mengarahkan opini publik.
2.3.1.      Tujuan Humas
Humas pada kakikatnya adalah aktivitas, maka sebenarnya tujuan humas dapat dianalogikan dengan tujuan komunikasi, yakni adanya pnguatan dan perubahan kognisi, afeksi, dan perilaku komunikasinya. Bila kita bawa ke dalam tujuan humas, maka tujuan humas adalah terjaga dan terbentuknya kognisi, afeksi, dan perilaku positif public terhadap organisasi/lembaga. Dengan demikian, rumusan yang paling tepat mengenai tujuan humas adalah sebagai berikut :
2.3.1.1.      Terpelihara dan terbentuknya saling pengertian
2.3.1.2.      Menjaga dan membentuk saling percaya
2.3.1.3.      Memelihara dan menciptakan kerja sama
2.3.2.      Macam-macam Humas
2.3.2.1.      Humas Pemerintahan
Humas pemerintahan pada dasarnya tidak bersifat politis. Bagan humas di institusi pemerintahan dibentuk untuk mempublikasikan atau mempromosikan kebijakan-kebijakan mereka. Memberi informasi secara teratur tentang kebijakan, rencana-rencana, serta hasil-hasil kerja institusi serta memberi pengertian kepada masyarakat tentang peraturan dan perundang-undangan dan segala sesuatunya yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Selain keluar, humas pemerintahan dan politik juga harus memungkinkan untuk memberi masukan dan saran bagi para pejabat tentang segala informasi yang diperlukan dan reaksi atau kemungkinan reaksi masyarakat akan kebijakan institusi, baik yang sedang dilaksanakan akan dilaksanakan, ataupun yang sedang diusulkan.
2.3.2.2.      Humas Industri dan Bisnis
Humas industri dan bisnis telah diterima oleh perusahaan-perusahaan besar. Humas industri merupakan fungsi manajemen yang turut menentukan suksesnya operasi suatu perusahaan. Humas industri tidak dapat dilepaskan dari prinsip ekonomi. Sebab industri dan bisnis memiliki orientasi pada keuntungan. Dengan demikian, humas industri hendaknya memiliki suatu daftar prioritas, sehingga sumber daya yang tersedia dapa dipergunakan seefisien mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2.3.2.3.      Humas Sosial
Banyak aktivitas humas yang menyangkut kesejahteraan umum terpisah dari implikasi-implikasi komersial yang biasa. Hubungan masyakat adalah subyek yang sangat luas. Misi utama humas adalah mengembangankan saling pengertian, kepecayaan, dan bantuan atau kerja sama.
2.3.2.4.      Humas Organisasi Internasional
Lahirnya humas internasional disebabkan oleh adanya perubahan sangat cepat di dalam segala bidang, mislnya perkembangan bidang pariwisata, bidang komunikasi, transportasi, tukar menukar dibidang pendidikan seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, timbulnya maslah internasional dalam bidang ekonomi, politik dan sebagainya.
2.3.3.      Alat-Alat Humas
2.3.3.1.      Iklan
Perbedaan mendasar iklan sebagai alat marketing dan iklan sebagai alat humas adalah dengan melihat pesan yang diinginkan. Selama pesan iklan berkaitan dengan produk, maka dapat dikatakan saat itu iklan merupakan media/ alat marketing.


2.3.3.2.      Pameran
Selain iklan, pameran juga dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan humas. Pameran yang biasanya menampilkan produk-produk perusahaan merupakan media yang dapat memberi banyak peluang bagi tujuan humas. Namun, melalui pameran pula tujuan humas dapat dirusak.
2.3.3.3.     Media Internal
Media internal atau dikenal dengan istilah majalah, merupakan suatu terbitan yang ditujukan untuk publik internal (karyawan dan keluarga karyawan), berisi tentang beberapa informasi perusahaan, sifatnya top down maupun butom up, tujuannya untuk menciptakan kondisi yang well informed dan membina loyalitas antara karyawan dengan perusahaan.
2.3.3.4.     Film
Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset, dan sebagainya. Melalui film humas dapat menyampaikan pesan-pesannya. Tidak hanya film dokumenter, film cerita pun merupakan media yang efektif.

2.3.3.5.     Pers
Termasuk dalam kelompok media massa adalah radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Media massa yang memiliki sifat serempak, dapat menjangkau khalayak luas dan periodik menjadi perhatian yang “agak berlebihan” bagi praktik humas. Banyak perusahaan yang khusus membentuk bagian humas atau mengangkat petugas humas untuk keperluan hubungan dengan media massa ini.
2.3.3.6.      Fotografi
Kekuatan gambar (foto) melebihi kata-kata. Foto selalu memberi dampak otentik. Meskipun foto dapat direkayasa, seperti halnya statistik, orang biasanya mudah menerima bukti berupa foto daropada kata-kata.
Dalam humas, foto sangat diperlukan sebagai bahan publikasi, laporan, berita, iklan, maupun untuk kepentingan arsip/dokumentasi. Oleh karena itu, humas harus dapat mengusahakan foto yang baik, yakni yang menarik dan mencolok, terjaga kebaruaanya, diambil pada saat yang tepat, “berbicara” atau mengkomunikasikan sesuatu. Foto-foto ini diambil oleh fotografer yang profesiaonal dengan sutradara seorang humas yang terlatih.

2.4.         Dokumentasi
Dokumentasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Setelah mendapatkan data dari suatu kegiatan maka langkah selanjutnyaadalah membuat dokumentasi kegiatan.Dalam membuat dokumentasi kegiatan suatu lembaga/organisasi meliputi foto, rekaman pidato, sambutan-sambutan erta siaran bentuk video.
2.4.1.      Dokumentasi sambutan-sambutan
Seseorang yang berprofesi Humas di lembaga pemerintahan atau perusaahaan swasta dalam peristiwa-peristiwa tertentu dituntut untuk bisa menulis naskah pidato untuk atasannya.
Sistematika naskah pidato, pada dasarnya terdiri dari :
2.4.1.1.     Pendahuluan (berisi penjelasan singkat dan latar  belakang tenteng tujuan substansi yang dipidatokan  supaya terbentuk hubungan berfikir dengan khalayak pendengar).
2.4.1.2.    Inti materi pdato (uraian yang berisi argumentasi yang meracu kepada topik yang telah dipilihnya dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan).
2.4.1.3.    Kesimpulan (berisi saripati dari keseluruhan materi yang dipidatokan).
2.4.2.      Dokumentasi Foto
Kekuatan gambar yang melebihi kata-kata. Foto selalu member dampak otentik. Meskipun foto dapat direkayasa, seperti halnya statistik, orang biasanya medah menerima bukti berupa foto daripada kata-kata.Dalam humas foto sangat diperlukan sebagai bahan publikasi, laporan, berita, iklan, maupun kepentingan arip/dokumentasi. Oleh karena itu, humas harus dapat mengusahakan foto yang baik, yakni yang menarik dan menyolok, terjaga kebaruannya, diambil pada saat yang tepat, atau mengkomunikasikan sesuatu. Foto-foto ini diambil oleh fotografer yang profesioanl dengan sutradara seorang humas yang terlatih.
2.4.3.      Dokumentasi Press Release
Press Release adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relation (Humas) suatu oraganisasi/perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers/redaksi media massa (tv, radio, surat kabar, majalah) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut). Sesuai dengan kegunaan Press Release untuk mempublikasikan data maka dapat dijadikan sebagai bukti telah dilaksanakannya suatu acara.
2.5.         Desain Grafis
Desain grafis dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri (yang biasa disebut seni komersial). Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan dan lingkungan grafis. Dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi. Media komunikasi maassa cetak, film, dan elektronik adalah sarana untuk pesan visual.
Elemen-elemen dasar desain grafis :
2.5.1.      Garis
Garis adalah tanda yang dibuat oleh alat untuk menggambar melewati permukaan. Alat yang digunakan untuk menggambar tersebut antara lain pensil, ballpoint, pointed brush, keyboard, mouse dan sebagainya. Garis dapat juga merupakan potongan di permukaan yang keras yang biasa disebut grafir. Garis juga dapat didefinisikan sebagai titik-titik yang bergerak.
2.5.2.      Bentuk
Bentuk merupkan gambaran umum sesuatu atau formasi yang tertutup atau jalur yang tertutup. Banyak cara melukiskan bentuk pada permukaan dua dimensi. Salah satu cara melukiskan bentuk adalah dengan garis. Garis dapat digunakan untuk menggambar bentuk yang datar, misalnya lingkaran (bola), elip, silinder, piramid, atau kubus. Bentuk dapat diisi dengan wrna, nada tekstur. Bagaimana bentuk tersebut digambar akan menampilkan kualitasnya.
2.5.3.      Warna
Warna merupakan elemen grafik yang sangat kuat dan provokatif. Empat warna akan meningkatkan efektivitas dan biaya iklan. Dengan demikian, multimedia yang dirancang sesuai dengan warna yang disukai pasar akan memberikan keunggulan bersaing.

2.5.4.      Kontras Nilai
Nilai digunakan untuk menggambarkan rentan kecerahan dan kegelapan sebuah elemen visual. Hubungan antar satu elemen dengan elemen lain yang berkaitan dengan kecerahan dan kegepan disebut kontras nilai. Kontras nilai memberikan citra dan persepsi secara rinci.
2.5.5.      Tekstur
Tekstur merupakan kualitas permukaan atau kualtas papan atau kertas. Di dalm seni, tekstur dikategorikan menjadi dua, yaitu tekstur tactile dan tekstur visual. Tekstur tactile adalah nyata, kita dapat merasakan permukaannya tersebut dengan jari kita, sedangkan tekstur visual adalah ilusi, tekstur tersebut memberikan imprei yang sederhana daati tekstur yang nyata.
BAB III
TINJAUAN UMUM
3.1.            Pemerintah Kota Surakarta
Tanggal 16 Juni merupakan hari jadi Pemerintahan Kota Surakarta. Secara de facto tanggal 16 Juni 1946 terbentuk Pemerintah Daerah Kota Surakarta yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, sekaligus menghapus kekuasaan Kerajaan Kasunanan dan Mangkunegaran. Secara yuridis Kota Surakarta terbentuk berdasarkan penetapan Pemerintah tahun 1946 Nomor 16 /SD, yang diumumkan pada tanggal 15 Juli. Dengan berbagai pertimbangan faktor-faktor histories sebelumya, tanggal 16 Juni 1946 ditetapkan sebagai hari jadi Pemerintah Kota Surakarta.
3.1.1.      Identitas Kota Surakarta
Solo tidak lebih dari sebuah desa terpencil yang tenang, 10 km di sebelah timur Kartasura, ibukota kerajaan Mataram. Pakubuwana II yang menjadi Raja Mataram mendukung Cina melawan Belanda, kemudian Pakubuwono II mencari tempat yang lebih menguntungkan untuk membangun kembali kerajaannya, dan di tahun 1745  Kerajaan dibongkar dan diarak menuju Kota Surakarta yang terletak di tepi Kali (Sungai) Bengawan Solo. 18 Februari 1745 dianggap sebagai hari kelahiran kota resmi. Dikatakan bahwa tempat itu ia memilih untuk menjadi istana baru itu terletak di sebuah danau kecil.


3.1.2.      Selayang Pandang
Secara geografis Kota Surakarta berada antara 110045'15'' - 110045'35'' Bujur Timur  dan antara 7036'00''- 7056'00' 'Lintang Selatan, dengan luas wilayah kurang lebih 4.404,06 Ha. Kota Surakarta juga berada pada cekungan di antara dua gunung, yaitu Gunung Lawu dan Gunung Merapi dan di bagian timur dan selatan dibatasi oleh Sungai  Bengawan Solo.Dilihat dari aspek lalu lintas perhubungan di Pulau Jawa, posisi Kota Surakarta tersebut berada pada jalur strategis yaitu pertemuan atau simpul yang menghubungkan Semarang dengan Yogyakarta (JOGLOSEMAR), dan jalur Surabaya dengan Yogyakarta. Dengan posisi yang strategis ini maka tidak heran kota Surakarta menjadi pusat bisnis yang penting bagi daerah kabupaten di sekitarnya.
Jika dilihat dari batas kewilayahan, Kota Surakarta dikelilingi oleh 3 kabupaten. Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Karanganyar dan Boyolali, sebelah timur dibatasi dengan kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo, dan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar. Sementara itu secara administratif, Kota Surakarta terdiri dari 5 (lima) wilayah kecamatan,  yaitu  kecamatan Laweyan, Serengan, Pasar Kliwon, Jebres dan Banjarsari. Dari kelima kecamatan ini, terbagi menjadi 51 kelurahan, 595 Rukun Warga (RW) dan 2669 Rukun Tetangga (RT).

3.1.3.      Slogan Surakarta
Kota Surakarta memiliki semboyan "Berseri" yang singkatannya: "Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah" sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota "Solo, The Spirit of Java (Jiwanya Jawa)" sebagai upaya pencitraan kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa.
3.1.4.      Perkembangan Pemerintah Kota Surakarta
3.1.4.1.      Periode Pemerintah Daerah Surakarta 16 Juni 1946 sampai berlakunya undang-undang Nomor 16 Tahun 1947
3.1.4.2.      Periode Pemerintah Harminte Surakarta. Berlakunya undang-undang Nomor 16 Tahun 1947 sampai berlakunya undang-undang Nomor 22 Tahun 1948
3.1.4.3.      Periode Pemerintah Daerah Surakarta. Berlakunya undang-undang Nomor 22 Tahun    1948 sampai berlakunya undang-undang Nomor 1 Tahun 1957
3.1.4.4.      Periode Pemerintah Daerah Kotapraja Surakarta. Berlakunya undang-undang Nomor 1 Tahun 1957 sampai berlakunya undang-undang Nomor 18 Tahun 1965
3.1.4.5.      Periode Pemerintah Kotamadya Surakarta. Berlakunya undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 sampai dengan berlakunya undang-undang Nomor 22 Tahun 1999
3.1.4.6.      Periode Pemerintah Kota Surakarta. Berlakunya undang-undang Nomor 22 Tahun1999 tentang Pemerintah Daerah.
3.1.4.7.      Periode Pemerintah Kota Surakarta.Berlakunya Undang - Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah sampai sekarang.

3.1.5.      Walikota Kepala Daerah
3.1.5.1.      Sindo Eredjo ( 19-5-1946 s/d. 15-7-1946 ).
3.1.5.2.      M. Iskaq Tjokrohadisoerjo ( 15-7-1946 s/d. 14-11-1946).
3.1.5.3.      Sjamsoeridjal ( 14-11-1946 s/d. 13-1-1949 ).
3.1.5.4.      Sudjatmo Soemowerdojo ( 13-1-1949 s/d. 1-5-1950 ).
3.1.5.5.      Soeharjo  Soerjo Pranoto ( Juni 1949 s/d. 1-5-1950 ).
3.1.5.6.      K. Ng. Soebekti Poeponoto ( 1 -5-1950 s/d. 1-8-1951 ).
3.1.5.7.      M. S. Werdisastro ( 1-8-1951 s/d. 17-2-1958 ).
3.1.5.8.      Oetomo Ramelan ( 17-2-1958 s/d. 23-10-1965 ).
3.1.5.9.      TH. J. Soemanthak (23-10-1965 s/d. 11-1-1968 ).
3.1.5.10.  R. Koesnandar ( 1968 s/d. 1975 ).
3.1.5.11.  Soemari Wongsoprawiro ( 1975 s/d. 1980 ).
3.1.5.12.  Soekatmo Prawirohadisebroto, Sh. (1980 s/d. 1985 ).
3.1.5.13.  H.R. Hartomo ( 1985 s/d. 8-1-1995 ).
3.1.5.14.  Imam Soetopo ( 1995 s/d. 2000 ).
3.1.5.15.  Slamet Suryanto ( 10-4-2000 s/d. 10-4-2005 ).
3.1.5.16.  Ir. Joko Widodo ( 29-7-2005 s/d. 29 Juli 2010 ).
3.1.5.17.  FX. Hadi Rudyatmo ( 2010 s/d. Sekarang ).

3.1.6.      Visi Misi Pemerintah Kota Surakarta
Visi :
Terwujudnya Kota Sala sebagai Kota Budaya yang bertumpu pada potensi Perdagangan, Jasa, Pendidikan, Pariwisata dan Olah Raga.
Misi :
3.1.6.1. Revitalisasi kemitraan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam semua bidang pembangunanserta perekatan kehidupan bermasyarakat dengan komitmen cinta kota yang berlandaskan pada nilai-nilai “Sala Kota Budaya”.
3.1.6.2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam pengusahaan dan pendaya gunaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, guna mewujudkan inovasi dan integrasi masyarakat madani yang berlandas kan ke-Tuhanan Yang Maha Esa.
3.1.6.3. Mengembangkan seluruh kekuatan ekonomi Daerah, sebagai pemacu tumbuhan dan berkembangnya ekonomi rakyat yang berdaya saing tinggi, serta mendaya gunakan potensi pariwisata dan teknologi terapan yang akrab lingkungan.
3.1.6.4. Membudayakan peran dan fungsi hukum, pelaksanaan Hak Asasi Manusia dan demokratisasi bagi seluruh elemen masyarakat, utamanya para penyelenggara pemerintahan.

3.1.7.      Visi Walikota Surakarta :
Solo Berseri Tanpa Kurupsi untuk Mewujudkan Masyarakat 3 WMP (Wasis, Waras, Wareg, Mapan dan Papan ) dengan membangun 5 Budhaya ( Budhaya Hidup Gotong Royong, Budhaya Memiliki, Budhaya Merawat, Budhaya Menjaga, Budhaya Mengamankan Kota Solo dan isinya).
3.1.8.      Lambang Daerah:




Gambar 3.1. Logo Pemerintah Kota Surakarta
Sumber : Humas Protokol Setda Surakarta

3.1.8.1.            Arti Lambang
Hijau berarti hidup, warna-warna putih, kuning, merah, dan hitam melukiskan nafsu diantara beberapa nafsu manusia. Semuanya berarti hidup harus dapat menguasai nafsunya.

               Makna dari lukisan :
·           Perisai mewujudkan lambang perjuangan dan perlindungan.
·           Tugu lilin menyala melukiskan kebangunan dan kesatuan kebangsaan.
·           Keris melambangkan kejayaan dan kebudayaan.
·           Panah berarti selalu  waspada.
·           Jalur mendatar berombak berarti Bengawan Sala.
·           Bintang kanan kiri melukiskan bintang dilangit dan berarti kesejahteraan
·           Bambu runcing menggambarkan perjuangan rakyat.
·           Kapas dan padi melukiskan pakaian dan makanan yang berarti : Do'a kearah kemakmuran
·           Jumlah 6 dari daun, bunga dan buah kapas berarti bulan 6, jumlah 16 dari buah padi berarti tanggal 16
·           Kain adalah hasil kerajinan terpenting dari Kota Besar Surakarta dan Sidomukti mengandung arti do'a keluhuran
3.1.8.2.            Arti Lukisan
·          Yang terdapat dalam lingkaran jorong merupakan surya sangkala memet:
·          Anak panah diatas busur dengan bergerak, berarti " rinaras" dan berwatak enam.
·          Air berarti "waudadi" atau "dadi" dan berwatak empat
·          Mulai pangkal panah sampai ujung tugu merupakan bentuk lurus berarti "terus" dan berwatak sembilan
·          Tugu lilin berarti "manunggal" dan berwatak satu secara lengkap berbunyi: "Rinaras Dadi Terus Manunggal" yang berarti tahun 1946.
3.1.9.      Profil Walikota dan Wakil Walikota Surakarta
Walikota Surakarta
Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo dilantik pada tanggal 19 Oktober 2012 sebagai Walikota Surakarta untuk masa jabatan 2012-2015 menggantikan Walikota Surakarta (Joko Widodo) sebelumnya yang menjalankan tugas sebagai kepala daerah DKI Jakarta dan sekarang menjabat sebagai Presiden RI, sebelumnya sebagai wakil wali kota Kota Surakarta untuk masa jabatan 2005-2010 dan 2010-2012. Ia berasal dari PDI-P. FX Hadi Rudyatmo lahir di Solo 13 Februari 1960, Istrinya bernama Endang Prasetyaningsih dan dikaruniai 5 orang anak
Profil Wakil Walikota
DR. H. Achmad Purnomo, Apt dilantik pada tanggal 17 April 2013 sebagai Wakil Walikota Surakarta untuk masa jabatan 2012-2015 menggatikan posisi FX. Hadi Rudyatmo yang sekarang menjabat menjadi Walikota Surakarta. DR. H. Achmad Purnomo lahir di Kebumen, 28 Desember 1948,  riwayat Pendidikan DR. H. Achmad Purnomo :  Sekolah Rakyat Negeri 2 Kebumen (1960), SMP N 1 Kebumen (1963) SMA N 1 Purwokerto (1966)Sarjana Farmasi UGM Yogyakarta (1972), Apoteker UGM Yogyakarta (1973)Doktor Ilmu Farmasi UGM Yogyakarta (1988).

3.2.            Bagian Humas Dan Protokol Sekda Kota Surakarta
3.2.1.      Visi Humas Protokol Setda Kota Surakarta
Visi merupakan suatu keadaan atau harapan yang harus diwujudkan pada masa yang akan datang.   Visi Walikota dan Wakil Walikota   Surakarta  Tahun 2010-2015 yaitu  ”Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Kota Dilandasi Spirit Solo Sebagai Kota Budaya”. Dengan mengacu pada Visi Pemerintah Kota Surakarta.maka Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta  memiliki Visi  Mewujudkan sistem pelayanan informasi yang berbudaya,  cepat, tepat, akurat, transparan dan obyektif   berbasis pada pengelolaan sumber daya informasi.”
Visi tersebut mengandung makna Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Surakarta  merupakan salah satu perangkat daerah Pemerintah Kota Surakarta   yang berkompeten dalam tata informasi  untuk menjalankan tugas-tugas kehumasan  dan keprotokolan dalam penyelenggaraaan  pemerintahan   daerah   untuk   mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan umum maupun kesejahteraan masyarakat yang berbudaya di bidang informasi, komunikasi dan keprotokolan. Di sisi lain dalam menjalankan peran kehumasan dan keprotokolan, informasi merupakan sumber daya   dalam rangka membangun   pencitraan yang positif bagi penyelenggaraan pemerintahan.

3.2.2.      Misi Humas Protokol Setda Kota Surakarta
Misi Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta adalah,  sebagai berikut :
3.2.2.1.      Meningkatkankualitas pelayanan informasi dan pelayanan keprotokolan
3.2.2.2.      Meningkatkan kualitas arus informasi secara cepat, tepat, transparan dan obyektif.
3.2.2.3.      Mendorong terwujudnya informasi dan komunikasi yang positif antara Pemerintah Kota dengan pers, masyarakat dan lembaga lainnya.
3.2.2.4.      Meningkatnya hubungan yang harmonis antara Pemerintah Kota dengan pers, masyarakat dan lembaga lainnya
3.2.2.5.      Mengembangkan SDM di bidang kehumasan dan keprotokolan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan tamu Pemerintah Kota Surakarta
3.2.3.      Tujuan Humas Protokol Setda Kota Surakarta
Guna mewujudkan Misi tersebut, terdapat Tujuan yang akan dicapai oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta, yaitu :
3.2.3.1.      Mewujudkan  pelayanan informasi yang prima dan berkualitas.
3.2.3.2.      Mewujudkan komunikasi yang harmonis antara Pemerintah Kota , masyarakat  dan pers serta lembaga lainnya.
3.2.3.3.      Meningkatkan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan
3.2.3.4.      Meningkatnya penyebarluasan informasi dan aspirasi masyarakat
3.2.3.5.      Mewujudkan  citra yang positif bagi Pemerintah Kota Surakarta.
3.2.4.      Strategi Humas Protokol Setda Kota Surakarta
Guna tercapanya tujuan yang telah ditetapkan tersebut maka diperlukan strategi sebagai berikut :
3.2.4.1.      Memaksimalkan peran dan fungsi  kehumasan dan keprotokolan dalam pencitraan pemerintah daerah yang positif.
3.2.4.2.      Memanfaatkan sumber daya informasi
3.2.4.3.      Meningkatkan kerjasama kehumasan dan keprotokolan dengan pers, masyarakat dan lembaga kehumasan lainnya.


3.3.            Struktur Organisasi Humas Dan Protokol Setda Kota Surakarta

Gambar 3.2.  (Struktur Organisasi Humas Protokol)





3.4.       Penjabaran Tupoksi Dan Uraian Tugas Pejabat Struktural Bagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Surakarta

Tabel  3.1. (Tabel Penjabaran Tupoksi)
Sumber : Humas Protokol Setda Surakara 
3.5.            Denah Lokasi Balai Kota Surakarta


                  Gambar 3.3. (Denah Lokasi Humas Protokol Setda Surakarta)








  

 BAB V
PENUTUP
5.1.       Kesimpulan
Dengan uraian diatas dapat disimpulakan bahwa media kalender adalah media yang efektif, dengan media kalender yang di buat oleh bagian humas dan di sebarkan ke semua jajaran SKPD Pemerintah Kota Surakarta, Pers/Wartawan serta Instansi Pemerintah yang berada di Kota Surakarta dapat menginformasikan kegiatan walikota dengan foto kegiatan yang terdapat di kalender tersebut. Jadi  dengan demikian peran humas yang  dimana Pemerintah Kota Surakarta memanfaatkan Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta sebagai lembaga komunikasi untuk menginformasikan suatu berita kepada media yang nantinya akan sampai kepada publik terlaksanakan dengan baik.

5.2.       Saran
5.2.1. Penulis
Untuk mengkomunikasikan informasi tentu mengalami perubahan dalam menggunakan media maupun cara menyampaikannya namun perlu pembenahan yang lebih baik lagi untuk hasil yang lebih maksimal. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun guna perbaikan di masa mendatang.



5.2.2 Instansi
Semoga dengan adanya laporan praktek industri II ini dapat dijadikan referensi bagi adik – adik semester mendatang dalam pembuatan laporan praktek industri selanjutnya.
5.2.3 Perusahaan
Untuk kedepannya Humas Protokol tidak hanya menggunakan media elektronik saja namun juga mempertahankan media cetak sebagai media cedak sebagai alat untuk mengkomunikasikan informasi kepada publik.

 BIODATA PENULIS

Yeni Suryani lahir di Kota Klaten pada tanggal 30 Juni 1994. Semasa menuntut ilmu, penulis pernah bersekolah TK Aisyiyah Bustanul’alfal Karangwungu lulus tahun 2000, MI Guppi Karangwungu lulus tahun 2006, SMPN 3 Karangdowo lulus tahun 2009, SMKN 1 Pedan di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) lulus tahun 2012 dan melanjutkan studi di Politeknik Indonusa Surakarta program studi Komunikasi Berbasisi Multimedia (Komunikasi Massa) di tahun 2015. Penulis tinggal di Desa Kanggan RT 04 RW 02, Karangwungu, Karangdowo, Klaten. Penulis adalah anak kedua dari Bapak Nurdin Harjo N dan Ibu Suparni yang bekerja  sebagai pedagang. Dan mempunyai seorang kakak perempuan yakni Nita Nuryani. Selama kuliah, penulis telah ikut berpartisipasi aktif sebagai mahasiswa yakni dengan mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio, TV, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ. Penulis juga telah melaksanakan praktek industri di Bagian Humas Protokol Setda Surakarta di tahun 2014.
Semakin sulit perjuangannya, semakin besar kemenangannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

Ayee Yennie

Ayee Yennie

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Mahasiswa Komunikasi Massa Politeknik Indonusa Surakarta.. Penyuka warna pink,Ungu follow IG/twitter : @yeen_niie

Social Icons

?

Cari Blog Ini

api

none