Ayee Yennie

Setiap orang mempunyai 'kegilaan' terhadap sesuatu, dan itu Normal...



TUGAS JURNALISTIK MEDIA CETAK
WAWANCARA & REPORTASE








Tugas ini Disusun Untuk Memenuhi Ujian Akhir Semester
Mata Kuliah Jurnalistik Media Cetak

                                                      Disusun Oleh :

Nama                          :  Yeni Suryani
NIM                            :  C12001
Jurusan                       :  Komunikasi Massa 3 (Pagi)

POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA
2014

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat universitas atau institut serta dalam melaksanakan program-programnya, BEM memiliki beberapa departemen (divisi). BEM berfungsi sebagai forum komunikasi antar unit kegiatan mahasiswa, koordinasi kegiatan dan pengembangan keterampilan manajemen dan kepemimpinan.
Ketua BEM adalah anggota BEM yang dipilih oleh para mahasiswa sekolah tinggi atau universitasdengan mengadakan pemilu dan mendapat suara terbanyak. Masa bakti kepengurusan BEM 1(satu) tahun dan ketua BEM hanya dapat dipilih dua kali berturut-turut. Kepengurusan BEM disahkan oleh Dierektur dengan surat keputusan, serta tata kerja kepengurusan BEM di tetapkan oleh rapat pengurus BEM yang dinyatakan dalam AD/ART organisasi. Berikut ini wawancara dengan Ketua BEM Politeknik Indonusa Surakarta masa Bakti 2013/2014 tentang “KEPEMIMPINAN”



Bolehkah saya tau nama Lengkap anda?
 Oke. Nama saya Wahyuhono.

Dimana anda tinggal ?
Di desa Semono, RT 01 RW 03 Sambi, Boyolali.

Apakah Anda sebelumnya pernah menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi?
Pernah saya pernah menjadi Ketua OSIS waktu SMK, di SMK Kasatrian Solo.

Bolehkah anda menyebutkan kepribadian yang ada miliki sebagai seorang pemimpin?
Menurut penilaian pribadi saya, biaralah orang lain yang menilaidan maju kedepan tanpa hambatan apapun demi kemajuan bersama.

Menurut anda, kualitas apa yang di butuhkan bagi seorang pemimpin ?
Kualitas utama yang dibutuhkan seorang pemimpin adalah disiplin, jadi contoh yang baik bagi semua mahasiswa, jujur adalah kunci utama, bijak dan tegas.

Apa yang menjadi tantangan bagi seorang pemimpin di BEM sendiri ?
Tantangan bagi seorang pemimpin yaitu harus siap mental, harus siap di kritik demi kemajuan bersama.

Apakah anda membutuhkan pengawas dalam berorganisasi ?
Itu yang paling utama bagi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi ini demi kesuksesan bersama, karena ketua tidak selalu benar.

Bagaimana cara anda membuat rencana kerja ?
Pertama, rapat anggota supaya tidak ada kesalah pahaman dalam berorganisasi, selanjutnya yaitu menyepakati pendaapat bersama.

Bagaimana cara anda memberikan teguran atau mendisiplinkan bawahan anda ?
Cara saya memberikan teguran kepada bawahan saya yaitu dengan menasehati sesuatu hal yang di anggap itu salah dan mencoba tegas kepada anggota.

Seandainya ada bawahan anda yang melanggar aturan, bagaimana cara anda menghadapinya ?
Memberikan teguran dan menasehatinya agar tidak mengulangi kesalahan lagi, jika masih melanggar akan di denda berupa uang dan uang tersebut di masukan kedalam KAS.

Apa harapan anda menjadi seorang pemimpin di BEM Politeknik Indonusa ini?
Harapan saya yaitu mau dipercaya oleh setiap anggota dan mau bekerja lebih giat lagi demi kemajuan BEM di Politeknik Indonusa ini.

Seandainya anda kelebihan beban dalam mengurus organisasi ini, apa yang anda lakukan?
Yang akan saya lakukan ketika saya kelebihan beban dalam mengurus organisasi adalah meminta kritik dan saran kepada anggota, meminta pendapat dan menerima masukan dari setiap anggota.

Bagaimana cara anda memotivasi seorang anggota ?
Cara saya memotivasi anggota adalah di mulai dari diri sendir, tentunya anggota juga mengikuti agar lebih baik lagi.

Bawahan seperti apa yang menurut anda sulit untuk di ajak kerjasama ?
Tentunya seperti pasif, egois, keras kepala dan ingin menyepakati pendapatnya sendiri.

Apa rencana anda kedepan untuk kepengurusan BEM di Politeknik Indonusa ?
Saya selalu berusaha semaksimal mungkin dan memberikan nasihat-nasihat ataupun masukan kepada kader berikutnya, serta kader berikutnya harus lebih baik.


Sosok Ketua BEM Politeknik Indonusa
BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat universitas atau institut serta dalam melaksanakan program-programnya, BEM memiliki beberapa departemen (divisi). BEM berfungsi sebagai forum komunikasi antar unit kegiatan mahasiswa, koordinasi kegiatan dan pengembangan keterampilan manajemen dan kepemimpinan.
Wahyuhono, begitulah teman-teman memanggilanya. Pria yang lahir di Boyolali 2 Februari 1994 ini merupakan mahasiswa aktif di Kampus Politeknik Indonusa Surakarta dan sekarang terpilih menjadi Ketua BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa) masa bakti 2013/2014. Mahasiswa semester 3 ini di beri kepercayaan oleh teman-temanya untuk menjadi Ketua BEM dan memberanikan diri memegang amanah dan tanggungjawab yang besar.
Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Otomotif ini bisa dibilang berpengalaman, karena semasa SMK dia sudah dipercaya menjadi Ketua OSIS di SMKnya dulu, yaitu di SMK Kasatrian Solo. Ketika di tanya resepnya menjadi seperti sekarang ini dia menuturkan  “Menurut penilaian pribadi saya, biaralah orang lain yang menilai dan maju kedepan tanpa hambatan apapun demi kemajuan bersama. Kualitas utama yang dibutuhkan seorang pemimpin adalah disiplin, jadi contoh yang baik bagi semua mahasiswa, jujur adalah kunci utama, bijak dan  tegas”
Anak kedua dari bapak Marjono ini mengungkapkan yang menjadi tantangan bagi seorang peminpin BEM yaitu harus siap mental, harus siap di kritik demi kemajuan bersama serta dia masih membutuhkan pengawas untuk menjalankandalam berorganisasi demi kesuksesan bersama, karena menurutnya ketua itu tidak selamanya benar. Pria yang sudah aktif sejak masuk kuliah ini adalah orang yang bijaksana, ketika ia memberikan teguran kepada bawahanya yaitu dengan menasehati sesuatu hal yang di anggap itu salah dan mencoba tegas kepada anggota. Dan ketika ada anggotanya melanggar aturan pria ini memberikan teguran dan menasehatinya agar tidak mengulangi kesalahan lagi, jika masih melanggar akan di denda berupa uang dan uang tersebut di masukan kedalam KAS.
Pada akhir kepengurusanya ia berharap bisa dipercaya oleh setiap anggota dan mau bekerja lebih giat lagi demi kemajuan BEM di Politeknik Indonusa, serta  selalu berusaha semaksimal mungkin dan memberikan nasihat-nasihat ataupun masukan kepada kader berikutnya, serta kader berikutnya harus lebih baik. (Yeni)

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

Ayee Yennie

Ayee Yennie

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Foto Saya
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Mahasiswa Komunikasi Massa Politeknik Indonusa Surakarta.. Penyuka warna pink,Ungu follow IG/twitter : @yeen_niie

Social Icons

?

Cari Blog Ini

api

none